Hai Mas Bro n Mbak Sis, dalam tutorial kita akan mencoba membuat model Bola Tennis. Tanpa banyak cakap langsung kita buka 3ds Max kita :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeK9_xuNNLRgZifK5tpaKVHjotH2qccekU89XmTgJEJJ5H6-Ckm1pZGHpqx_rCe3huE0GIPzl50uNEEBlTW3qTtXERLxL0mWjpPrivvO-kaTa42-o2bCLNWrZXB9nrcZ97xgO0jAAEs4lc/s640/1.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHVsUrqbzaBS6UjhCt3gwQHi_y-gUKTvnCPMmYhkbp7bbX4Dxme7zDZ28NBJUgpEglPSRX_okroXBTSzRZeHkys2X9Yl_maqzG-tB9UKCCifEF5r6_Dl4NpYATvUm0U59vnAR9Jl7EWtAa/s640/2.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggEJAIWTtIOkxGQalUuN6pfYCAKHu0IWQ_EqyxrBmvrz9KBd0K1RMLfzg0_PXwqBTfhfYX4Qe_WiqK4pBAriOzgGVjoHvVd6enJ8ACEgksSEX8BMNUEXowcfYY6nV_uGotgMWN6m9acCtC/s640/3.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtToKqgGhPbqtLAOSItGX592bqFi-lo-ZwdxWEd2_aSUXSYVV4vT_hUPdBrAmTNd02M3tE76-QKkTSYr3xWsf5zWRCEWolptpRjetr-Sm3Z2ZZxu-MVmNry9RU74sTHMOBsvrZ09Dcv4O5/s640/4.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLmLOZv6txid0ZK5VIB4ZsL_0xY7mRkuV0GjRyymVPJGgHu0cBGEX8ErE0Tl2hQLzKJmx-nNH1iioI8V9VhIyWp9LBEvfNyhIpkOIQwylsmoLKimwqhpG0SX5PZznCR35yzwxx9asBaAqr/s640/5.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3iHm2pewaTP7eD8DBFlylYoeQBx1wFpKNt-IsPoFaqVdZB3tSml50-4OgwoFr0XojLiHdXJWzH-izMkdSK764KR1F9xt9fye7fkotX-K_bXn2Ts5KR12zH2UDCRfaY7KF11JEMoQDecwb/s640/6.jpg)
Langkah 8 : Pada Modifier list pilih Turbosmooth modifier dan isi dengan 2 pada kotak Iterations.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLyJZu9lMXMjGj8keGFk84qoLGQZl7E-AYYwXyack2GNEMVC4bWYGITTjHwRzKmS4jH4UFt4mwfBFiD9OkZzkZz9YtllL9GF25Dv6g8Rm9nqKEjF2QUOiZmLTKzNYhfI1yqxyz0YstCXPq/s640/7.jpg)
Langkah 9 : Kembali pada Modifier list, tapi kali ini kita pilih Spherify modifier. Catatan : Kita harus keluar dari mode seleksi jika modifier Spherify tidak bekerja.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlD10Z5rh3WKi6k_djAIJQUAZa_8s-a-NpiACaC2gRW7r-X2yqbMFOD4QOUeGrtITrK2eMgpCsiBEwd7gwDtotfAuhWpiNIEYopoT_MwpMh-XpGik68Y0Kw5kpM1eqkCSwRFEQdkmINiKQ/s640/8.jpg)
Langkah 10 : Kembali lagi pada Modifier list, kemudian pilih Edit Poly modifier.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9tDesCcKhfGn7-WIN6Bv3Uob8Mg1ugHNTi6AHBP7-WfLAT89RNqz8SV2BeOu067ciJ8Vs-Y5eTZotkTzpPCZibuvXi97YdLLN_dQ9MK2tLA1igmk6DCPJ8qSoIJu0sjGiAV1W7MqsAZBW/s640/9.jpg)
Langkah 11: Pada Edit Poly modifier pilih modus seleksi Edge, contoh di bawah ini. Pilih salah satu tepi dan klik pada Loop.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRBgsI5K8wmWer59FYmtH7gPrCVnpM6M8_fIqS7CGdUyrJZTpBBbQhyv-myQcrpoY89571cmvj-UxjDp2hxuJ1QRjgFeyvgnCtpxoZsMRVVbETQVgF2eEy8awuZsQarOU-ioPh8UTDIDhj/s640/10.jpg)
Langkah 12 : Sekarang kita harus merubah pilihan edge menjadi polygon dengan cara menahan tombol CTRL lalu tekan pilihan seleksi polygon pada Edit Polygon modifier.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCBzQTgFi593DKf8TnCbafJIIHKc_r0iYhW_Fou2zcABtQIGEWaWFvDzlEmJbiTwYHW7e9BaxxuCJws-0u5IJ7lmlpiZzzHBDM9siW4rr4VfZlUSTQqTYxHMnYt4QXFFqkVNo01JP-FU8B/s640/11.jpg)
Langkah 13: Untuk memperbesar area seleksi klik Grow sebanyak 2 kali
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhErKyseB3tYd_-_BxAz7HVNODsYNJIBP_J6srX_mIhBP81zrZVvNnxlLQYsEeAw4A-2Ey-RYYykrXFh04MYDsNPyTt0rIo-CAGc37w8E0aEv5vbdR77ZTnYhdL0nBn8qwHXUtZRPcNXYns/s640/12.jpg)
Langkah 14: Sekarang klik kotak kecil di samping Extrude untuk meng-extrude poligon tadi angka -0.025 cm. Ubah tipe ekstrude untuk Local Normals dan klik OK.
Langkah 15 : Langkah terakhir adalah dengan cara memberikan Turbosmooth modifier pada Modifier list
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg28NsUmgDfHP9uy3N2aOjScGlb_M92FkfQ_1aW4RamiF8KMAJpTADTi3_gkCJsOTbqMXapJVdNyzyuAVDl7dATNquXLALLNSb9YMP-gnOdfRmbik4SceqGqrn8qLFphsOLMXdXSZLS6qZB/s640/13.jpg)
Hasilnya akhir :
Untuk memberikan material pada bola tennis kita ini, akan kita bahas lain kali. Insya Alloh.
Langkah 1: Buat sebuah Box dengan dimensi 10 x 10 x 10 cm dan buat segmennya masing-masing 2.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeK9_xuNNLRgZifK5tpaKVHjotH2qccekU89XmTgJEJJ5H6-Ckm1pZGHpqx_rCe3huE0GIPzl50uNEEBlTW3qTtXERLxL0mWjpPrivvO-kaTa42-o2bCLNWrZXB9nrcZ97xgO0jAAEs4lc/s640/1.jpg)
Langkah 2: Kemudian pada Modifier List pilih Spherify modifier. Lalu convert menjadi Editable Poly dengan cara Klik kanan pada layar Convert to > Convert to Editable Poly
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHVsUrqbzaBS6UjhCt3gwQHi_y-gUKTvnCPMmYhkbp7bbX4Dxme7zDZ28NBJUgpEglPSRX_okroXBTSzRZeHkys2X9Yl_maqzG-tB9UKCCifEF5r6_Dl4NpYATvUm0U59vnAR9Jl7EWtAa/s640/2.jpg)
Langkah 3: Pada tab Modify pilih modus seleksi Vertex, rubah tampilan menjadi Front view (tekan "V" pada keyboard untuk beralih antar viewport) dan pilih 2 vertex seperti contoh di bawah ini. Aktifkan Percent Snap Toggle dan gunakan tool Select and Scale. Tarik vertex ke arah sumbu X sampai Anda melihat 60 di bagian bawah layar.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggEJAIWTtIOkxGQalUuN6pfYCAKHu0IWQ_EqyxrBmvrz9KBd0K1RMLfzg0_PXwqBTfhfYX4Qe_WiqK4pBAriOzgGVjoHvVd6enJ8ACEgksSEX8BMNUEXowcfYY6nV_uGotgMWN6m9acCtC/s640/3.jpg)
Langkah 4: Lakukan hal yang sama persis pada Back view, hanya saja kali ini ke arah sumbu Y.
Langkah 5: Pada menu rollout pilih Edge dan pilih edge seperti contoh dibawah ini. Untuk menambahkan pilihan tekan tombol CTRL dan untuk mengurangi tekan tombol ALT.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtToKqgGhPbqtLAOSItGX592bqFi-lo-ZwdxWEd2_aSUXSYVV4vT_hUPdBrAmTNd02M3tE76-QKkTSYr3xWsf5zWRCEWolptpRjetr-Sm3Z2ZZxu-MVmNry9RU74sTHMOBsvrZ09Dcv4O5/s640/4.jpg)
Langkah 6: Dengan edge yang terpilih, klik pada kotak kecil di samping Chamfer pada menu Edit Edges rollout. Chamfer dengan jumlah 0.25 cm dan 1 segmen. Klik OK atau klik APPLY karena kita akan men-Chamfer lagi di langkah berikutnya.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLmLOZv6txid0ZK5VIB4ZsL_0xY7mRkuV0GjRyymVPJGgHu0cBGEX8ErE0Tl2hQLzKJmx-nNH1iioI8V9VhIyWp9LBEvfNyhIpkOIQwylsmoLKimwqhpG0SX5PZznCR35yzwxx9asBaAqr/s640/5.jpg)
Langkah 7 : Dengan edge yang masih terpilih pada langkah 6, chamfer kembali edge tadi tapi kali ini dengan nominal 0.05 cm.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3iHm2pewaTP7eD8DBFlylYoeQBx1wFpKNt-IsPoFaqVdZB3tSml50-4OgwoFr0XojLiHdXJWzH-izMkdSK764KR1F9xt9fye7fkotX-K_bXn2Ts5KR12zH2UDCRfaY7KF11JEMoQDecwb/s640/6.jpg)
Langkah 8 : Pada Modifier list pilih Turbosmooth modifier dan isi dengan 2 pada kotak Iterations.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLyJZu9lMXMjGj8keGFk84qoLGQZl7E-AYYwXyack2GNEMVC4bWYGITTjHwRzKmS4jH4UFt4mwfBFiD9OkZzkZz9YtllL9GF25Dv6g8Rm9nqKEjF2QUOiZmLTKzNYhfI1yqxyz0YstCXPq/s640/7.jpg)
Langkah 9 : Kembali pada Modifier list, tapi kali ini kita pilih Spherify modifier. Catatan : Kita harus keluar dari mode seleksi jika modifier Spherify tidak bekerja.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlD10Z5rh3WKi6k_djAIJQUAZa_8s-a-NpiACaC2gRW7r-X2yqbMFOD4QOUeGrtITrK2eMgpCsiBEwd7gwDtotfAuhWpiNIEYopoT_MwpMh-XpGik68Y0Kw5kpM1eqkCSwRFEQdkmINiKQ/s640/8.jpg)
Langkah 10 : Kembali lagi pada Modifier list, kemudian pilih Edit Poly modifier.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9tDesCcKhfGn7-WIN6Bv3Uob8Mg1ugHNTi6AHBP7-WfLAT89RNqz8SV2BeOu067ciJ8Vs-Y5eTZotkTzpPCZibuvXi97YdLLN_dQ9MK2tLA1igmk6DCPJ8qSoIJu0sjGiAV1W7MqsAZBW/s640/9.jpg)
Langkah 11: Pada Edit Poly modifier pilih modus seleksi Edge, contoh di bawah ini. Pilih salah satu tepi dan klik pada Loop.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRBgsI5K8wmWer59FYmtH7gPrCVnpM6M8_fIqS7CGdUyrJZTpBBbQhyv-myQcrpoY89571cmvj-UxjDp2hxuJ1QRjgFeyvgnCtpxoZsMRVVbETQVgF2eEy8awuZsQarOU-ioPh8UTDIDhj/s640/10.jpg)
Langkah 12 : Sekarang kita harus merubah pilihan edge menjadi polygon dengan cara menahan tombol CTRL lalu tekan pilihan seleksi polygon pada Edit Polygon modifier.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCBzQTgFi593DKf8TnCbafJIIHKc_r0iYhW_Fou2zcABtQIGEWaWFvDzlEmJbiTwYHW7e9BaxxuCJws-0u5IJ7lmlpiZzzHBDM9siW4rr4VfZlUSTQqTYxHMnYt4QXFFqkVNo01JP-FU8B/s640/11.jpg)
Langkah 13: Untuk memperbesar area seleksi klik Grow sebanyak 2 kali
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhErKyseB3tYd_-_BxAz7HVNODsYNJIBP_J6srX_mIhBP81zrZVvNnxlLQYsEeAw4A-2Ey-RYYykrXFh04MYDsNPyTt0rIo-CAGc37w8E0aEv5vbdR77ZTnYhdL0nBn8qwHXUtZRPcNXYns/s640/12.jpg)
Langkah 14: Sekarang klik kotak kecil di samping Extrude untuk meng-extrude poligon tadi angka -0.025 cm. Ubah tipe ekstrude untuk Local Normals dan klik OK.
Langkah 15 : Langkah terakhir adalah dengan cara memberikan Turbosmooth modifier pada Modifier list
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg28NsUmgDfHP9uy3N2aOjScGlb_M92FkfQ_1aW4RamiF8KMAJpTADTi3_gkCJsOTbqMXapJVdNyzyuAVDl7dATNquXLALLNSb9YMP-gnOdfRmbik4SceqGqrn8qLFphsOLMXdXSZLS6qZB/s640/13.jpg)
Hasilnya akhir :
Untuk memberikan material pada bola tennis kita ini, akan kita bahas lain kali. Insya Alloh.
0 comments:
Post a Comment