Kali ini kita membuat model kursi menggunakan spline. Hal yang sangat penting diketahui adalah bahwa kursi memiliki dimensi yang baik, jika tidak rendering dengan Mental Ray tidak akan optimal. Mari kita mulai tutorial kita.
Pilih segment seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini dan tekan tombol Divide. Masukkan nilai 2 di textbox dan klik pada tombol Divide. Ini akan membuat 2 vertex tambahan pada setiap segmen yang dipilih.
Pilih semua vertex dan klik dengan tombol mouse sebelah kanan. Sekarang pilih CORNER (ada 4 jenis yang berbeda dari vertex: Corner, Smooth, Bezier dan Bezier Corner). Langkah ini akan membuat langkah selanjutnya lebih mudah.
Sekarang pilih vertex seperti ditunjukkan pada bawah langkah 1 dan pindahkan mereka ke bawah kiri untuk mendapatkan bentuk langkah 2. Setelah langkah ini pilih vertex pada langkah 2 dan pindahkan mereka untuk mendapatkan bentuk langkah 3. Hasil akhir tampak seperti huruf C terbalik.
Penting: Ingat bahwa dalam pandangan depan kitaa hanya melihat satu sisi kursi. Buatlah selalu pilihan REGION untuk memastikan bahwa kita memilih vertex di kedua sisi kursi.
Penting: Ingat bahwa dalam pandangan depan kitaa hanya melihat satu sisi kursi. Buatlah selalu pilihan REGION untuk memastikan bahwa kita memilih vertex di kedua sisi kursi.
Jika benar maka pada Perspective view akan terlihat seperti ini :
Agar objek berbentuk 3D, klik panel Modify dan aktifkan 2 slot : Enable in Renderer dan Enable in Viewport.. Ini akan mengubah spline kita menjadi sebuah objek di mana kita dapat merubah beberapa parameternya. Untuk kursi kita, kita perlu bagian radial. Pilih Radial dan isi kotak kosong dengan ketebalan ukuran diameter seperti yang dicontohkan di gambar di bawah ini.
Pilih semua vertex dan klik pada tombol Fillet. Ini akan membentuk sudut tumpul pada vertex kursi kita.
Buat spline baru dengan bentuk huruf L.
Periksa lagi kotak aktif pada enable in renderer dan enable in viewport. Sekarang pilih vertex seperti gambar gambar dan beri Fillet.
Ubah Left View ke Right View. Dengan cara ini kita dapat melihat bentuk melingkar dari spline kita. Sekarang buat lingkaran (spline) di tengah bagian melingkar dari spline seperti pada gambar. Kita perlu konversi menjadi sebuah spline agar dapat diedit menjadi vertex lingkaran.
Pilih vertex seperti di gambar, dan klik tombol BREAK Hal ini akan membagi simpul tunggal dalam 2 vetex dan memutuskan lingkaran.
Pilih vertex atas dan pindahkan ke sisi kanan. Ubah vertex dengan klik tombol kanan mouse menjadi CORNER.
Pindahkan vertex yang bawah seperti pada gambar dan gunakan Bezier (Bezier Corner juga bekerja sangat baik dalam situasi ini).
Sekarang pilih Spline dan MIRROR dengan COPY. Pindahkan copy-an ke sisi berlawanan dari kursi. Pindahkan hanya di sumbu X. Kita dapat me-mirror-kan spline dari panel modify atau hanya menggunakan Mirror tool. Jika Kita menggunakan Mirror tool kita harus meng-ATTACH dua splines untuk dapat me-weld vertex.
Pilih 2 vertex. Sekarang klik tombol Weld. Masukkan jumlah yang besar di kotakweld dan klik Weld. Nomor yang harus diisi dalam kotak harus sama atau lebih besar dari jarak antara vertex yang kita weld. Cara termudah adalah dengan menulis angka yang sangat besar seperti 100000.
Sekarang pilih Spline dan buat spline menjadi Outline.
Tambahkan EXTRUDE dari Modifier List pada Editable Spline sesuaikan pada kolom Amount.
Tampilan kita sekarang harus seperti ini :
Copy dan Rotate objek yang di extrude tadi seperti di gambar di bawah ini.
Dari Right view buat spline seperti pada gambar di bawah ini :
Dan jadikan Outline.
Extrude spline tadi dan mirror-kan pada sisi lain kursi kita.
Tampilan kita sekarang harus seperti ini :
Buat Sphere dan Squeeze (Scale) hanya pada satu sumbu untuk membuatnya datar.
Buat di setiap titik yang ditandai.
Buat Cylinder di setiap titik yang ditandai.
Buat busur (Spline), dan jangan lupa untuk meng-enable renderer and viewport seperti di gambar ini.
Copy busur tadi seperti gambar di bawah ini :
Alhamdulillah, akhirnya jadi juga kursi kita ini. Beri material Chrome (lihat tutorialnya disini) pada batang besi kursi.
Pilih 2 vertex. Sekarang klik tombol Weld. Masukkan jumlah yang besar di kotakweld dan klik Weld. Nomor yang harus diisi dalam kotak harus sama atau lebih besar dari jarak antara vertex yang kita weld. Cara termudah adalah dengan menulis angka yang sangat besar seperti 100000.
Sekarang pilih Spline dan buat spline menjadi Outline.
Tambahkan EXTRUDE dari Modifier List pada Editable Spline sesuaikan pada kolom Amount.
Tampilan kita sekarang harus seperti ini :
Copy dan Rotate objek yang di extrude tadi seperti di gambar di bawah ini.
Dari Right view buat spline seperti pada gambar di bawah ini :
Dan jadikan Outline.
Extrude spline tadi dan mirror-kan pada sisi lain kursi kita.
Tampilan kita sekarang harus seperti ini :
Buat Sphere dan Squeeze (Scale) hanya pada satu sumbu untuk membuatnya datar.
Buat di setiap titik yang ditandai.
Buat Cylinder di setiap titik yang ditandai.
Buat busur (Spline), dan jangan lupa untuk meng-enable renderer and viewport seperti di gambar ini.
Copy busur tadi seperti gambar di bawah ini :
Alhamdulillah, akhirnya jadi juga kursi kita ini. Beri material Chrome (lihat tutorialnya disini) pada batang besi kursi.
0 comments:
Post a Comment