Chrome adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam bidang Desain. Bahan ini hanya memerlukan beberapa pengaturan yang harus diberikan secara optimal.
Nyok kita mulai :
- Pada Diffuse Color beri warna abu-abu gelap (untuk cermin yang sempurna itu harus hitam, tetapi sering warna abu-abu gelap memiliki efek lebih baik pada krom).
- Lalu tambahkan Glossiness dan Specular Level (tidak ada nilai yang baku, efek yang baik sangat tergantung oleh cahaya yang kita buat dan kita dapat mulai dengan nilai 40 pada kedua efek tadi).
- Di Tab Maps beri REFLECTION dan di Material Map beri "Raytrace". Ini akan memungkinkan kita untuk merefleksi benda-benda lain pada materi ini. Nilai dalam slot refleksi harus antara 85 dan 100 (cermin memiliki nilai 100).
Sebuah refleksi yang baik akan memberikan sentuhan realisme ke objek kita dan akan menjelaskan bentuk-bentuk organik yang lebih baik. Tapi bagaimana kalau kita tidak memiliki obyek lain dalam adegan yang dapat merefleksikan model kita?
Kita akan menggunakan refleksi PALSU. Teknik untuk mensimulasikan lingkungan tercermin pada permukaan yang pada kenyataannya tidak ada dalam adegan Anda. Bahkan kita akan menggunakan gambar sederhana untuk membuat refleksi palsu.
Setelah kita Raytrace dan memasukkan map refleksi kita akan melihat bahwa material editor menunjukkan pengaturan baru. Ini adalah pengaturan panel raytrace (di sisi kanan dari material editor Anda dapat melihat Raytrace ditulis bukannya standar). Seperti pada gambar di bawah ini.
Setelah kita Raytrace dan memasukkan map refleksi kita akan melihat bahwa material editor menunjukkan pengaturan baru. Ini adalah pengaturan panel raytrace (di sisi kanan dari material editor Anda dapat melihat Raytrace ditulis bukannya standar). Seperti pada gambar di bawah ini.
Setelah langkah ini kita lihat bahwa material editor menunjukkan pengaturan panel Bitmap. Biasanya kita harus mengurangi jumlah output dari refleksi palsu (ini adalah pengaturan yang akan membuat gambar yang kita pilih sebagai refleksi palsu).
Untuk membuat gambar "kurang terlihat" kita harus pergi ke "Output" di mana dalam slot "output amount" kita harus memasukkan nilai yang sedikit lebih kecil dari 1 (misalnya 0,7). Biasanya nomor standar 1 terlalu tinggi.
Gambar yang digunakan sebagai refleksi palsu untuk rendering bisa kita ambil contoh sebagai berikut :
Dengan cara ini kita dapat memperoleh efek refleksi yang sangat baik. Berikut ini kita dapat melihat hasilnya. Pada gambar ini kita dapat melihat refleksi dari lingkungan abu-abu putih + 2 kotak + refleksi palsu.
Di sini kita memiliki adegan yang sama dengan pengaturan yang sama seperti di atas. Hanya gambar untuk refleksi palsu berbeda.
- Tip 1:
- Ingat bahwa dengan Mental Ray refleksi palsu TIDAK terlihat di slot material sebagaimana yang terlihat. Kita harus membuat test render untuk melihat hasilnya.
- Tips 2:
- Ada banyak cara untuk membuat Chrome. Cara lain untuk membuat Chrome adalah melalui bahan Raytrace (perubahan standar dengan Raytrace dalam slot material baru). Tapi hasilnya adalah sama seperti dalam bahan standard.
- Tip 3:
- Bahan cermin sangat mirip dengan Chrome: difus warna Hitam, tidak ada specular highlights dan Raytrace 100% dalam map refleksi.
0 comments:
Post a Comment