Dalam tutorial ini kita akan membuat rantai dan menggunakan Path Deform Modifier (WSM) untuk menciptakan posisi rantai. Membuat beberapa Torus lalu kita rubah dengan spline. Path Deform Modifier (WSM) sangat mudah dipelajari dan memiliki hasil yang fantastis.
- Langkah 1.
Buka 3ds Max, mulai dengan halaman baru dan save dengan nama terserah anda. Kita misalkan saja "Rantai" - Langkah 2.
Kita akan mulai dengan menciptakan torus, pada panel geometri pilih Torus dan tarik di atas viewport, atur parameter sbb :
Radius 1 = 10
Radius 2 = 4
Segments = 24
Side = 16 * Tekan Z pada keyboard untuk memperbesar semua viewport. - Langkah 3.
Sebelum kita mulai membentuk mata rantai kita perlu memutar sedikit torus-nya. Klik kanan torus, di bawah Transform klik kotak kecil di samping Rotate. - Langkah 4.
Pada kotak Rotate Transform Type-In di bawah Absolute World isi:
Z = -7,0
Klik dimana saja di viewport untuk melihat perubahan atau tekan enter. Tutup panel Rotate Transform Type-In - Langkah 5.
Klik kanan mouse pada torus dan dari menu drop down pilih Convert to Editable Poly.
Kemudian pilih Vertex . Pilih vertex sesuai dengan contoh gambar di bawah ini. - Langkah 6.
Perhatikan bagaimana kita dengan mudah dapat memilih setengah dari torus dengan sedikit putaran yang telah kita buat sebelumnya.
Klik kanan dan dari drop down menu di bawah Transform tekan kotak kecil di samping Move. - Langkah 7.
Dalam Move Transform Type-In di bawah Offset Screen isi :
X = 17
Klik dimana saja di viewport untuk melihat perubahan atau tekan enter. Tutup panel Move Transform Type-In, matikan modus Editable Poly. - Langkah 8.
Kita perlu membuat copy dari torus, untuk melakukannya tekan tombol shift pada keyboard, pilih torus, tahan mouse dan tarik torus mengikuti sumbu X. Pilih copy. - Langkah 9.
Tempatkan torus ke 2 di posisi yang sama seperti gambar.
Kita akan menggunakan Angle Snap Toggle untuk memutar torus 2 sebesar 45 º.
Pilih Angle Snap Toggle dari toolbar utama, kemudian atur sudutnya = 45 º.
Tutup panel, pilih rotate, dan putar mengikuti garis kuning. Ini akan memutar torus 2 sebesar 45 º. - Langkah 10.
Perhatikan viewport perspektif, kita memindahkan torus 2 sehingga posisinya seperti gambar dibawah ini. - Langkah 11.
Pilih kedua torus, pada viewport geser keduanya searah sumbu X, pastikan posisinya sudah benar sebelum melepaskan mouse, lalu .pilih copy dengan jumlah salinan = 15 - Langkah 12.
Pembuatan rantai telah selesai, tetapi kita dapat menambahkan sebuah cincin pada salah satu ujungnya jika kita suka. Pada Top viewport drag torus ke mata rantai terakhir.
Beri nilai seperti di bawah ini :
Radius 1 = 18
Radius 2 = 3
Segments = 24
Side = 16
Dan tempatkan torus di tengah mata rantai yang paling akhir (rantai ke 15) - Langkah 13.
Kita akan menggabungkan seluruh mata rantai emjadi satu objek, untuk melakukan ini, klik kanan torus terakhir kemudian pilih Editable Poly. Pilih Elemen, gulir ke bawah ke Edit Geometry, tekan kotak kecil di samping Attach. Di jendela Attach, dibawah Select pilih Select All, kemudian tekan attach. Matikan Editable Poly.
Pembuatan rantai telah selesai, tetapi hanya berbentuk rantai lurus! Bukankah lebih baik untuk mengubah posisinya, mungkin membuatnya bulat, melengkung, menggantung di meja dll. Kita dapat melakukannya dengan menambahkan Path Deform modifier (WSM), kita dapat membuat bentuk yang kita sukai. dengan spline kemudian menerapkan Path Deform modifier (WSM), maka rantai akan terbentuk sesuai dengan yang kita harapkan. - Langkah 14. Sekarang kita ke Arc di Shapes pada panel Geometry. Di Top viewport tarik Arc
isi paraneternya dengan :
Radius = 120
From = 300
To = 240
Jangan khawatir tentang parameter, kita dapat merubahnya pada bagian Modify. - Langkah 15.
Sekarang kita memiliki bentuk yang kita inginkan untuk rantai kita. Pilih rantai tersebut, klik pada tombol modify, klik Modifier List, di bawah World-Space-Modifiers pilih Path Deform (WSM).
- Langkah 16.
Dengan rantai yang aktif tekan Pick Path, kemudian klik pada Arc.(Kita perlu beberapa penyesuaian untuk membuat rantai tersebut sesuai dengan yang kita inginkan) - Langkah 17.
Tekan Move to Path.
Perhatikan bagaimana rantai tersebut telah pindah mengikuti path tapi dengan arah yang salah. - Step 18.
Set Path Deform Axis = X. Sekarang kita memiliki rantai dalam posisi yang benar. - Langkah 19.
Kita rubah Persen menjadi 50.
Wow, rantai bergerak mengikuti arc.
- Langkah 20.
Lanjutkan dengan menambah Persen hingga 100.
Kita bisa dapat memutar sedikit dengan merubah Rotate menjadi -50.
0 comments:
Post a Comment